Anda Wajib Tahu Cara Membedakan Busi Motor Asli dan Palsu

Busi merupakan salah satu komponen penting dalam rangkaian mesin motor. Busi motor berfungsi sebagai pemercik api dalam proses pembakaran dalam mesin. Busi bekerja untuk memercikan bunga api atau menghasilkan letikan api pada kedua ujung elektroda busi yang kemudian membakar campuran bahan bakar dan udara dan mengerakan mesin. Saat terpasang di dalam rangkain mesin yang bekerja, tekanan pembakaran yang diakibatkan mesin juga cukup tinggi dan temperaturnya bisa mencapai hingga 20.000C. Busi juga dididesain untuk tahan terhadap getaran mesindan tahan terhadap kondisi lingkungan berat.

Sebegitu pentingnya dan beratnya tugas busi dalam proses pengapian mesin motor maka anda sebaiknya tidak asal memilih busi, gunakanlah yang sesuai dengan mesin motor anda dan tentunya gunakan produk asli karena dipasaran beredar juga busi palsu dengan tampilan dan bungkus yang hampir sama dengan aslinya, jadi anda harus jeli dan cukup mengerti untuk membedakan mana busi asli dan mana busi yang palsu.

Untuk itu dikesempatan kali ini kami akan membagikan informasi ciri busi palsu atau cara membedakan busi asli dan palsu. secara umum busi asli dan busi palsu dapat dibedakan melalui cara sebagai berikut:

1 Yang pertama anda bisa lakukan adalah melihat pada kode disetiap busi, kode tersebut menunjukkan kode produksi masing-masing busi dan artinya hanya diketahui oleh produsen pembuat, nah pada busi palsu cetakan kode biasanya terlihat acak-acakan dan tidak rapi.

2 Busi asli memiliki ulir atau biasa disebut drat lebih rapi dan halus dari pada busi palsu, anda bisa coba memperhatikan lebih teliti saat memilih busi, minta penjual untuk memperlihatkan merk busi lain agar anda lebih mudah untuk membandingkan.

3 Busi asli terdapat keramik sebagai isolator, untuk busi palsu keramik tersebut terlihat terlalu cerah sedangkan sebaliknya pada busi asli warna keramik terlihat sedikit doff dan tidak cerah.

4 Plating metal shell pada busi asli menggunakan bahan baja yang kuat dan tidak mudah berkarat, kalau busi palsu biasanya mudah berkarat bahkan ketika baru anda buka dari kardusnya sudah ada titik-titik karat yang terdapat pada plating metal shell nya

5 Bagian elektroda busi asli yang berfungsi untuk menyemburkan bunga api terlihat lebih rapi, kalau yang palsu penempatan part nya kurang presisi dan setiap busi kadang-kadang tidak sama, entah itu gap atau sambungannya. Gasket (ring) pada busi asli terlihat lebih halus dan tidak mudah dilepas walau anda putar mengikuti alur, walaupun bisa dilepas akan sangat sulit, sedangkan busi palsu bentuk gasket biasanya tidak rapi bekas potongannya dan mudah dilepas.

Menurut salah satu Technical Support PT NGK Busi Indonesia yang berhasil dimintai informasi tentang cara mengenali busi NGK Asli. Pembuatan busi NGK sangat diperhatikan saat proses pembuatanya sehingga kualitasnya pun terjamin, berbeda dengan busi palsu.

Pada bagian atas dan bawah Busi NGK asli terdapat sebuah komponen yang bernama sheet packing dan wire packing yang berfungsi agar kepala busi dan bagian lainnya tidak mudah goyang akibat getaran mesin maupun saat motor melewati kondisi yang ekstrim. Selain itu komponen ini juga dapat mencegah kebocoran di dalam ruang bakar mesin. Sedangkan pada busi palsu komponen ini tidak ada sehingga kualitasnya jelek.

Secara kasat mata memang agak sulit membedakan busi asli dan busi palsu, tapi anda bisa melakukan percobaan dengan cara mengguanakan busi beberapa jam kemudian dilepas kembali, selanjutnya anda coba putar kepala bus, jika kepala busi ikut berputar maka kemungkinan bahwa busi NGT tersebut merupakan busi palsu.

Ada dampak negatif terhadap mesin motor jika anda menggunakan busi palsu diantaranya.

Tenaga mesin tidak bisa maksimal karena proses pembakaran tidak sempurna.
Boros bahan bakar, karena pembakaran tidak sempurna otomatis anda menarik gas lebih banyak sehingga konsumsi bahan bakar akan lebih boros.
Mengeluarkan uang lebih, karena busi palsu biasanya tidak awet dan cepat mati

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam – Macam Konstruksi Penghubung Sudut ( Joint )

Perbedaan Gigi Rasio RX King dan RX Spesial

Fungsi , Bagian-bagian dan Sinkronmes Mobil