Perbedaan Gigi Rasio RX King dan RX Spesial

Perbedaan RX King dengan RX Spesial: Fitur

Sebelum membahas lebih detail soal perbedaan RX King dengan RX Spesial pada spesifikasi mesin dan performanya, mari kita korek dulu beberapa perbedaan utama pada fitur kedua sepeda motor dua tak ini.


RX Spesial lebih tua dibandingkan dengan RX King. RX Spesial dijual dalam kurun waktu tahun 1981 hingga 1983. Sedangkan RX King dijual dalam kurun waktu tahun 1983 hingga 2003.
RX Spesial merupakan motor yang didatangkan dari Jepang dalam kondisi Built Up. Hal ini berbeda dengan RX King yang dirakit di Indonesia dan hanya box mesinnya saja yang didatangkan utuh dari Jepang

RX Spesial masih mempunyai half fairing sehingga motor ini punya batok lampu dengan desain yang klasik. Sedangkan RX King termasuk jenis naked bike dengan tangki bahan bakar berbentuk kotak.
Perbedaan RX King dengan RX Spesial: Spesifikasi Mesin RX King

Mengingat RX King merupakan varian yang lebih baru dari RX Spesial maka tidak heran jika RX King punya spesifikasi mesin yang lebih canggih dibandingkan RX Spesial. Sehingga RX King memang punya performa mesin yang lebih handal. Berhubung RX King dijual dari tahun 1983 hingga 2009, maka terdapat dua generasi mesin. Generasi yang paling terkenal adalah King Cobra

Berikut adalah detail spesifikasinya untuk generasi mesin yang pertama yang dijual dari tahun 1983 hingga 2005.


  • Mesin 2 tak 1 silinder berkapasitas 132 cc dilengkapi dengan sistem pendingin udara
  • Perbandingan kompresi yang lebih besar yakni 6:9:1
  • Jenis kopling yang digunakan adalah kompling basah, manual dengan multiplat
  • Mesin ini tampil dengan transmisi manual 5 percepatan
  • Tipe karburator yang digunakan adalah VM 26 Mikuni
  • Kapasitas tangki oli samping adalah 1 liter
  • Tipe busi mesin BP 8HS 10
  • CDI dipilih untuk sistem pengapian
  • Sistem pelunas yang digunakan adalah Autolube
  • Suspensi depan mesin menggunakan Teleskopik
  • Suspensi belakang menggunakan swing arm
  • Kapasitas tangki bahan bakar mesin sama dengan tangki RX Spesial yakni 9.5 liter
  • Dimensi motor ini adalah: panjang 1970 mm, lebar 735 mm dan tinggi 1065 mm
  • Untuk jarak sumbu rodanya adalah 770mm
  • Berat kosong dari motor ini adalah 100 kg, yakni 6 kg lebih berat dari RX Spesial
  • Daya maksimal mesin sebesar 18.5 tenaga kuda dengan torsi maksimal sebesar 1.54 Kgm
  • Sistem pengereman depan menggunakan cakram double piston dan rem belakang bertipe tromol
Berlanjut ke spesifikasi mesin New RX King yang dijual dari tahun 2006 hingga 2009.


  • Masih menggunakan mesin 2 tak dengan volume silinder sebesar 132 cc dan dilengkapi dengan pendingin udara
  • Perbandingan kompresi yakni 6:9:1
  • Daya maksimal mesin sebesar 18.5 tenaga kuda dengan torsi maksimum mencapai 1.54 kgf
  • Kopling bertipe manual basah dengan multiplate
  • Kapasitas oli mesin adalah 1 liter dengan penggantian berkala
  • Sistem starter adalah kick starter
  • Mesin menggunakan transmisi manual dengan 5 percepatan
  • Karburator bertipe VM 26 x1 Mikuni
  • Untuk kapasitas oli samping adalah sebesar 1 liter
  • Autolube dipilih sebagai sistem pelumas
  • AIS atau Air Induction System dipilih untuk sistem kontrol emisi
  • Dimensi motor New RX King adalah panjang 1.970 mm, tinggi 1065 mm dan lebar 735 mm
  • Jarak sumbu roda motor adalah 1245 mm
  • Kapasitas tangki bahan bakar mesin yang disematkan pada motor ini adalah 9.5 liter
  • Sistem pengereman depan menggunakan cakram tunggal dilengkapi dengan piston ganda
  • Sedangkan sistem pengereman belakang masih menggunakan rem berjenis tromol
  • Suspensi depan berjenis teleskopik dengan suspensi belakang berjenis lengan ayun dilengkapi shockbreaker ganda yang dapat diatur

Perbedaan RX King dan RXS pada spesifikasi mesin kedua motor ini. Diawali dengan spesifikasi mesin RX Spesial yang memang spesial. Yamaha RX Spesial yang dijual selama 3 tahun dari 1981 hingga 1983 ini memang spesial termasuk untuk urusan mesin dan performanya. Berikut adalah detail spesifikasi mesinnya:


  • Mesin 2 stroke berkasitas 115cc dengan 1 silinder
  • Perbandingan kompresi mesinnya adalah 6:6:1
  • Tenaga maksimal yang dapat dihasilkan adalah 15.5 tenaga kuda pada 8500 rpm dengan torsi maksimal sebesar 1.35 Kgm
  • Mesin dilengkapi dengan sistem pendingin udara agar mesin dapat digunakan untuk menempuh perjalanan jauh
  • Jenis karburator yang digunakan adalah Mikuni VM 22
  • Mesin ini tampil dengan transmisi manual dengan 5 percepatan
  • Sistem pengapian yang digunakan adalah CDI
  • Untuk dimensi dari motor ini adalah panjang 1950 mm, lebar 745 mm dan tinggi 1035 mm
  • Jarak sumbu roda motor ini adalah 1240 mm
  • Sedangkan jarak ke tanah adalah 155 mm
  • Mesin dilengkapi dengan tangki bahan bakar yang dapat memuat hingga 9.5 liter
  • Dan kapasitas tangki oli mesin adalah 1.3 liter
  • Berat kosong dari mesin ini adalah sebesar 94 kilogram
  • Motor RX Spesial masih mengandalkan rem belakang jenis tromol seperti halnya motor RX King generasi awal. Sistem pengereman ini memang bisa dibilang yang paling canggih di jamannya sehingga tidak heran jika sistem ini mampu menambah daya jual motor RX Spesial.


Komentar

  1. Untuk rxs di bikin rumh kopling rx king yg perlu di rubah apa aja bosku. Apa cukup hanya kaki 4+lawanya aja.. apa satu set rumahnya.kaki4.dan lawan kaki 4nya. Biar bisa di bikin 6 kmpas kopling.. solusinya bosku

    BalasHapus
  2. Mau nanya bosku .kalau rasio RX S d ganti pake rasio RX king. Bisa ngk .sebelum ny makasih tolong d jawab🙏🙏🙏..

    BalasHapus
  3. Ni saya jawab. Semua motor rxs kalau diganti ke rx king itu beesifat pnp jadi rumah kopling gigi rasio dan sebagainya kalau mau diganti silahkan. Kalau soal performa insya allah bisa sama. Untuk pengapian ada baiknya tidak usah di gonta ganti lagi karna pengapian rxs dengan rxking jauh lebih tinggi rxs

    BalasHapus
  4. Mau tanya donk.
    Apa bener rasio rx k lebih dapet di ujung nya di bandingkan rasio rx king

    BalasHapus
  5. Mau taya Lur... Kalo RX cepek itu Ben luweh pnak niku saget mboten njih lu? Klo bisa apa yang dirubah? Nuwun dwene Yo mong cepek Lur ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anu mas, seng di ganti spul le mawon..
      Kersane jhos gandos RX 100,
      Di ganti spull
      Maksod kulo Sepuluh juta lagi..😁😁😁

      Hapus
  6. Bang berapa transmisi rxs\rx king spesial nya bang?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam – Macam Konstruksi Penghubung Sudut ( Joint )

Fungsi , Bagian-bagian dan Sinkronmes Mobil