Macam – Macam Konstruksi Penghubung Sudut ( Joint )

Macam – Macam Konstruksi Penghubung Sudut ( Joint )

Untuk menyalurkan tenaga dari transmisi ke roda maka diperlukan suatu komponen dengan nama propeler dan didalam propeler sendiri  komponen yang bisa bergerak dinamis mengikuti naik turunnya gerakan roda.

Penghubung salib ( universal joint )

Kemampuan sudut : Kemampuan penghubung meneruskan tenaga / putaran maksimum pada sudut 150
Penggunaan : Digunakan pada kendaraan – kendaraan dengan peng-
gerak roda belakang motor di depan ( memanjang )
Sifat – sifat : Putaran poros tidak merata, jika sambungan memben-

tuk sudut besar

Penghubung Salib Tunggal

1. Poros penggerak
2. Garpu penghubung
3. Bantalan
4. Cincin penahan / pengunci
5. Salib penghubung
6. Nipel pelumasan
Penggunaan : Penghubung poros propeler terhadap poros output transmisi danpenggerak aksel ( 150 )

Pemasangan : Menggunakan vet yang dimasukkan melalui nipel pelumasan

Sifat – Sifat
Kecepatan sudut tidak stabil
 Dengan satu penghubung salib

A = Flens output transmisi
B = Penghubung salib
C = Poros propeller

 Flens output transmisi berputar dengan kecepatan stabil
 Pada penghubung salib terdapat 4 tumpuan yang membentuk sudut
 Poros propeler tidak dapat berputar dengan kecepatan stabil
 Jika poros propeler dihubungkan langsung dengan flens roda maka putaran roda juga tidak stabil

Kecepatan sudut stabil

 Dengan dua penghubung salib
 Flens output transmisi ( C ) berputar dengan kecepatan stabil
 Poros propeler berputar dengan kecepatan tidak stabil
 Flens penggerak aksel berputar dengan kecepatan stabil

Penghubung Salib Ganda

Kemampuan sudut :

Dapat meneruskan tenaga/putaran pada sudut 30-45o
Penggunaan :
 Pada poros depan kendaraan brat penggerak empat roda dan penghubung tenaga/putaran dari traktor keperalatan lain
 Tidak digunakan pada kendaraan umum karena konstruksi besar dan terlalu berat

Sifat – sifat :

Penghubung stabil

Penghubung Bola Peluru ( Pot Joint )


Kemampuan sudut : Dapat meneruskan tenaga / putaran pada sudut
maximum 500 ( rata – rata 300 )
Penggunaan : Pada suspensi independen
Pada aksel rigrid depan dengan penggerak roda (
4 wheel drive )
Sifat – sifat : Kerjanya lebih stabil ( konstan)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Gigi Rasio RX King dan RX Spesial

Fungsi , Bagian-bagian dan Sinkronmes Mobil