Sistem Pemindah Tenaga Pada Avanza dan Mobillio
Mekanik Otto | Dalam berkendara kita akan merasakan tenaga mesin yang tersalurkan ke roda-roda kendaraan kita, Lalu kadangkala sobat Mekanik Otto akan bertanya-tanya bagaimana prosesnya kok bisa berpindah dari putaran mesin berubah menjadi gerakan mobil.
Begini nih ceritanya !
Begini nih ceritanya !
Sistem pemindah tenaga adalah sistem yang berfungsi untuk memindahkan torsi dan tenaga mesin ke roda penggerak kendaraan untuk memenuhi kebutuhan kendaraan mulai dari kendaraan mulai bergerak jalan, kendaraan berjalan lambat-cepat dan sampai kendaraan menjadi berhenti kembali. Sistem pemindah tenaga harus dapat menghasilkan berbagai kebutuhan torsi dan tenaga roda kendaraan, sehingga kendaraan dengan kapasitas muatannya dapat berjalan dengan baik pada berbagai kondisi jalan.
1. Kopling : Menghubung dan memutus putaran / tenaga motor ke transmisi
2. Transmisi : Mengatur perbandingan putaran motor dengan poros penggerak aksel sehingga menghasilkan momen puntir yang diinginkan
3. Poros Penggerak (Propeller Shaft ) Meneruskan putaran/tenaga dari transmisi ke penggerak aksel dengan sudut yang bervariasi.
4. Penggerak Aksel(Gardan/ Differensial)
: Penggerak sudut, untuk memindahkan arah putaran poros penggerak kearah poros aksel.
Differensial, untuk menyeimbangkan putaran kedua roda pada saat belok
5. Poros Aksel : Meneruskan putaran dari penggerak aksel ke roda.
Demikian sobat mekanik otto mekanisme dari perpindahan tenaga dari kendaraan avanza
Komentar
Posting Komentar