Cara Mengetahui Kerusakan Kopling Mobil Anda
Mekanik Otto | Pada saat kita berkendara kita menemui kendala terjadi getaran pada mesin saat kopling dilepaskan, ada kalanya tercium bau gosong pada kendaraan saat kopling dilepaskan. Nah ini merupakan gejala serius yang harus segera ditangani.
Untuk memahami kerusakan tersebut sobat mekanik otto harus tahu dasar dari cara kerja komponen Kopling.
Apa fungsi komponen ini?
Kopling berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan aliran tenaga, torsi dan putaran motor ke komponen pemindah tenaga.
Cara Kerja Kopling
Bagian utama kopling:
1. Tuas Pembebas
2. Roda gaya
3. Bantalan tekan
4. Poros kopling
5. Poros engkol
6. Bantalan pilot
7. Plat kopling
8. Pegas diafragma
9. Plat penekan
10. Unit penekan
Posisi Kopling Terhubung
Pada saat kaki pengemudi tidak menekan pedal kopling, maka tuas pembebas pada unit kopling tidak tertarik, akibatnya pegas penekan diafragma menekan plat penekan sehingga plat penekan terhubung / tertekan dan kanvas kopling terjepit diantara roda gaya dan plat penekan, sehingga putaran motor pada roda gaya dimana terdapat dudukan pelat kopling, akan diteruskan atau dipindahkan ke poros kopling.
Posisi Kopling Terlepas
Selanjutnya pada saat kaki pengemudi menekan pedal kopling, maka tuas pembebas pada unit kopling akan tertarik, akibatnya pegas penekan diafragma mengungkit plat penekan sehingga plat kopling bebas dari penekanan. Akibatnya kanvas kopling bebas dari penekan/jepitan, maka tenaga, torsi dan putaran motor tidak dapat diteruskan/dipindahkan ke poros kopling.
Komentar
Posting Komentar