Rangkuman Mekanisme Katup Dan Fungsinya
Mekanik Otto | Disini akan kami coba untuk merangkum apa fungsi dari mekanisme katup yang tentunya sedang dicari sobat mekanik otto untuk menjawab beberapa pertanyaan.
Rangkuman
Mekanisme katup pada mesin kendaraan berfungsi untuk mengatur pemasukan gas baru (campuran bahan bakar dan udara) secara optimal ke dalam silinder dan mengatur pembuangan gas bekas ke saluran buang. Mekanisme katup terdiri atas mekanisme katup dengan kam yang berada dibawah, di blok mesin yaitu jenis SOHC atau OHC dan mekanisme katup dengan kam yang berada diatas, di kepala silinder, yaitu OHC dan DOHC.
Fungsi adanya celah katup adalah supaya katup-katup dapat menutup dengan sempurna pada semua keadaan temperature. Celah katup harus distel pada saat pemeliharaan berkala dalam interval kendaraan telah berjalan sekitar 10.000 km. Perubahan celah katup disebabkan oleh saat mesin hidup komponen mekanisme katup yang jumlahnya banyak bergerak bergesekan dan mendapat gaya ke
berbagai arah serta beban panas, maka semakin lama komponen semakin aus pada sistem penekan katup, daun katup dan dudukannya serta pengikat kendor, sehingga celah katup menjadi berubah.
Semoga rangkuman ini dapat menjawab, beberapa pertanyaan dari sobat mekanik otto.
Komentar
Posting Komentar