Pemilihan Busi Yang Baik dan Benar
Mekanik Otto | Ada bermacam-macam busi yang ada dipasaran, jika anda membeli tentunya akan bingung jenis mana yang sobat akan beli, Nah disini Mas Tom dari Mekanik Otto akan mencoba menjelaskan bagaimana pemilihan busi yang baik dan benar. Sebelumnya sobat harus tahu bagian -bagian dari komponen busi tersebut.
Nama Bagian Busi
Keterangan:
1. Terminal
2. Rumah busi
3. Isolator
4. Elektrode ( paduan nikel )
5. Perintang rambatan arus
6. Rongga pemanas
7. Elektrode massa (paduan nikel)
8. Cincin perapat
9. Celah elektrode
10. Baut sambungan
11. Cincin perapat
12. Penghantar
Kemudian untuk penjelasan lebih lanjut dari Mas Tom, busi mempunyai nilai panas yang harus diperhatikan untuk memilih busi yang baik dan benar sesuai dengan kendaraan sobat
Nilai Panas
Nilai panas busi adalah suatu indeks yang menunjukkan jumlah panas yang dapat dipindahkan oleh busi Kemampuan busi menyerap panas dari pembakaran dan memindahkan panas ke air pendingin yang ada pada rongga-rongga kepala silinder tergantung pada bentuk kaki isolator / luas permukaan isolator busi. Busi yang dipasang pada motor / engine nilai panasnya harus sesuai dengan kondisi kerja / operasi mesin
Busi panas
Luas permukaan kaki isolator besar, sehingga banyak menyerap panas. Lintasan pemindahan panas pada daerah kaki isolator panjang, akibatnya pemindahan panas lambat.
Busi dingin
Luas permukaan kaki isolator kecil, sehingga sedikit menyerap panas. Lintasan pemindahan panas pada pada daerah kaki isolator pendek, akibatnya cepat memindahkan panas.
Demikian informasi singkat untuk sobat yang sedang mencari informasi mengenai busi, semoga dapat bermanfaat.
Komentar
Posting Komentar