Macam-macam Sistem Pelumasan terbaru

Mekanik Otto | Kita mengenal pelumas atau yang dikenal umum dengan nama oli mempunyai fungsi yang sangat penting dalam kendaraan, berikut fungsi dan manfaatnya:

Pelumasan berfungsi untuk:
a. Memperkecil gesekan sehingga mengurangi keausan
b. Mendinginkan komponen (panas komponen berpindah ke oli)
c. Sebagai perapat, misal antara ring piston dengan dinding silinder
d. Sebagai pembersih dari keausan bidang lumas

Setelah sobat mekanik otto membaca fungsi tersebut, sekarang ada pertanyaan bagaimana sistem pelumasan terjadi pada kendaraan.

Macam- macam Sistem Pelumasan

a. Pelumasan Campur
Digunakan pada kebanyakan mesin stasioner 2 Tak yang kecil dan kendaraan
ringan seperti : Vespa, Yamaha, Suzuki.
Sifat-sifat yang menonjol
 Selalu menggunakan oli baru, karena oli yang tercampur bensin ikut terbakar
dan habis.
 Timbul polusi dari gas buang
 Pemakaian oli boros
 Kandungan oli 2 ÷ 4 % dari bensin ( menurut spesifikasi pabrik )
 Pelumasan campur digunakan hanya untuk motor 2 Tak.

b). Pelumasan Tekan
Sifat yang menonjol
 Pelumasan kontinyu, teratur dan merata
 Digunakan pada motor Otto (bensin) dan Diesel 4 tak dan Diesel 2 Tak
 Oli perlu diganti pada kurun waktu tertentu
Pada umumnya: Motor Otto (bensin), oli diganti setiap 10.000 Km
Motor Diesel , oli diganti setiap 5.000 Km


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam – Macam Konstruksi Penghubung Sudut ( Joint )

Perbedaan Gigi Rasio RX King dan RX Spesial

Fungsi , Bagian-bagian dan Sinkronmes Mobil