Dasar-Dasar Cara Kerja Transmisi Manual Toyota, Honda dan Mitsubishi

Mekanik Otto | Kita mengenal bermacam trasmisi, komponen ini sangat penting digunakan untuk menggerakkan kendaraan untuk berbagai medan. Salah satu yang sering dipakai adalah digunakan jenis transmisi manual. 

Jika sobat mekanik otto ingin mengenal lebih dengan cara kerja dari trasmisi manual berikut ini akan kami coba untuk mengulasnya.

Transmisi Manual
Didalam kotak transmisi terdapat beberapa pasangan roda gigi. Dengan berbagai pasangan roda gigi tersebut, transmisi dapat menaikkan dan menurunkan torsi, tenaga dan putaran motor serta membalik arah putaran motor untuk keperluan memundurkan kendaraan.

a.Prinsip Dasar Kerja Transmisi

1) Lengan

Kesimpulan :
Dengan lengan pengungkit yang lebih panjang (l2) memungkinkan dapat memindahkan beban berat dengan tenaga kecil.Ini yang dipakai sebagai dasar penggunaan transmisi manual.

Pasangan Roda Gigi
Pasangan roda gigi seperti gambar memiliki kesamaan dengan prinsip dasar kerja lengan. Roda gigi penggerak akan mengungkit roda gigi yang digerakkan. Gaya atau momen pada roda gigi dengan diameter yang lebih kecil bisa berubah menjadi gaya atau momen yang semakin besar pada roda gigi dengan diameter yang lebih besar dengan putaran yang lebih lambat.

Demikian dasar-dasar dari cara kerja trasmisi manual, jadi dengan tenaga yang kecil mampu menghasilkan torsi (tenaga) yang besar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam – Macam Konstruksi Penghubung Sudut ( Joint )

Perbedaan Gigi Rasio RX King dan RX Spesial

Fungsi , Bagian-bagian dan Sinkronmes Mobil