Sistem Pendinginan Pada Mesin Mobil

Mekanik Otto | Mesin yang sedang melakukan langkah kerja tentunya menghasilkan panas dan ini akan terus membara jika tidak dilakukan pendinginan. 

Lalu apa Kegunaan Pendinginan Mesin ?
 Menyerap panas pada bagian-bagian mesin/motor sehingga mengurangi keausan dan kerusakan.
 Untuk mendapatkan temperatur kerja mesin/motor yang tepat dan merata

Untuk memahami tentang pendinginan mesin kita harus mengenal Macam-macam Sistem Pendinginan:

1). Pendinginan Udara

a). Cara Kerja
Panas yang ditimbulkan oleh mesin/motor dipindahkan ke dinding silinder dan melalui sirip-sirip menuju ke udara luar. Untuk meningkatkan efisiensi pendinginan, maka permukaan bidang pendinginan diperluas melalui konstruksi
sirip-sirip.

b). Penggunaan Sistem Pendinginan Udara
 Kebanyakan kendaraan ringan, motor-motor unit kecil.
 Mesin VW lama, Deutch Diesel.

c). Karakter dari pendinginan udara yang menonjol
 Konstruksi mesin sederhana
 Suara motor keras akibat getaran sirip-sirip karenan hembusan angin
 Pendinginan tidak merata, bagian yang langsung terkena angin/udara mendapat pendinginan yang lebih
 Jarang ada gangguan dan perawatan ringan.

2). Pendinginan Air Sirkuit Pompa
a). Karakter dari pendinginan air yang menonjol

 Pendinginan air lebih merata dibandingkan dengan pendinginan udara
 Temperatur kerja motor tetap konstan
 Gangguan lebih sering terjadi

 Perawatan sistem pendinginan air lebih rumit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam – Macam Konstruksi Penghubung Sudut ( Joint )

Perbedaan Gigi Rasio RX King dan RX Spesial

Fungsi , Bagian-bagian dan Sinkronmes Mobil